Rabu, 19 Juni 2013

Makanan Sehat di Bulan Puasa

Makanan Sehat Di Bulan Puasa Ramadhan

Asupan nutrisi berbuka dan sahur di bulan puasa menjadi hal yang sangat vital karena energi dan vitalitas kita sepanjang hari ditentukan oleh asupan nutrisi sehat saat kita sahur dan berbuka. Bukan hanya sahur, makanan berbuka juga sangat penting dan menentukan vitalitas kita keesokan harinya. Jadi, jika kita asal makan saja saat berbuka dan berpikir bahwa makanan berbuka kita tidak akan mempengaruhi kelancaran puasa, maka hal itu salah besar.

Keluhan yang paling umum saat kita puasa adalah pusing, mual, lemas dan lain sebagainya. Lapar pasti menjadi salah satu keluhan walaupun hukumnya haram untuk mengeluh lapar pada saat puasa. Makanan Sehat Di Bulan puasa bahkan dapat mengurangi rasa lapar kita, jadi pastikan untuk memperhatikan apa yang kita makan baik pada saat sahur maupun berbuka puasa. Berikut tipsnya.

Makanan sehat di bulan Puasa yang di sarankan

Makanan Sehat di Bulan Puasa
Kebanyakan kita tidak memperhatikan apa yang kita makan saat berbuka dan sahur. Asal perut kenyang, selesai sudah. Konsep yang paling salah adalah makan sahur sebanyak-banyaknya agar tidak merasa lapar saat berpuasa dan makan apa saja yang kita suka karena kita pantas mendapatkannya setelah seharian berjuang. mungkin anda baru mendengar bahwa makan yang berlebihan saat sahur justru akan membuat tambah lapar? Banyak orang yang tidak tahu hal tersebut dan Makanan Sehat Di Bulan puasa adalah kunci untuk membuat puasa Ramadhan minim halangan, termasuk rasa lapar yang berlebihan.

Makanan Sehat Di Bulan puasa Ramadhan adalah makanan yang mengandung gizi yang seimbang dengan porsi yang tepat. Bukan hanya itu, semua makanan kita selama puasa harus dimasak dengan tepat. Akan percuma jika kita membeli bahan makanan yang bergizi, tapi kita membuang semua nutrisi dan gizinya dengan cara masak yang salah. Saat berpuasa, kita sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan dengan karbohidrat kompleks seperti yang terdapat pada roti gandum dan nasi merah. Roti panggang, kentang dan kacang-kacangan juga mengandung karbohidrat kompleks yang membuat kita kenyang lebih lama.

Sayuran menjadi kebutuhan saat berpuasa. Sayur adalah menu wajib Makanan Sehat Di Bulan Ramadhan. Bukan hanya nutrisi, vitamin dan mineralnya yang sangat tinggi, tapi sayuran juga berserat. Oleh karena itu, asupan sayuran yang cukup akan memberikan kita energi yang kita butuhkan sepanjang hari. Serat yang dikandung sayuran juga akan membuat kita kenyang lebih lama. Saat berpuasa, kita akan kurang minum dan serat adalah satu-satunya yang bisa kita andalkan untuk memperlancar buang air.

Buah-buahan juga menjadi suatu keharusan. Sama dengan sayuran, buah-buahan menjadi sumber nutrisi dan mineral utama saat kita berpuasa. Buah-buahan mengandung gula yang kita butuhkan saat kita berpuasa. Gula yang terkandung dalam buah adalah sumber gula yang paling aman, jadi stamina kita akan tetap prima tanpa kuatir gula darah atau kolestrol kita akan naik sesudah mengkonsumsi buah-buahan.

Makanan yang harus Dihindari saat Bulan Puasa

Banyak orang berbuka puasa dengan cara yang salah seperti mengkonsumsi gorengan atau es dengan kadar gula yang terlalu tinggi. Bukan hanya itu, bukan suatu keanehan jika kita melihat banyak orang  langsung minum es yang manis dan langsung makan besar. Ini hal yang harus kita hindari karena sistem pencernaan kita benar-benar belum siap untuk makan besar. Mulailah makan perlahan dan makan besar setelah sholat magrib atau Isya. Dengan begitu, sistem pencernaan sudah siap menerima dan memproses makanan. Makanan yang harus kita hindari saat kita berbuka atau sahur adalah makanan yang berlemak, terlalu manis dan asam. Hindari makanan bersantan dan jeroan. Bukan hanya makanan ini akan mengganggu kesehatan dan stamina, tapi menimbulkan banyak ketidaknyamanan seperti radang tenggorokan, sembelit, kembung, maag dan lain sebagainya. Pastikan untuk mengkonsumsi Makanan Sehat Di Bulan Pusa demi kelancaran berpuasa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tuliskan Pertanyaan anda di kolom dibawah ini:
Konsultan Nutrisi Diet Langsing Sehat Alami Herbalife.